Rabu, 13 Oktober 2010

Bunga Lotus VS Bunga Teratai


Bagi sebagian besar orang sulit untuk membedakan antara bunga lotus atau yang lebih dikenal dengan istilah bunga seroja ini dengan bunga teratai, padahal bunga lotus tidak sama dengan bunga teratai lho….

Cara membedakannya adalah:
  • Daun teratai mengambang di permukaan air, sedangkan daun lotus menjulur ke atas.
  • Bunga teratai memiliki pusat bunga yang kecil, sedangkan bunga lotus memiliki pusat bunga yang besar.
  • Bunga teratai memiliki warna yang beragam, sedangkan bunga lotus hanya memiliki warna bunga putih atau merah muda.

Spesifikasi Bunga Lotus
Nah, setelah mengetahui perbedaannya antara bunga lotus dengan bunga teratai, berikut ini adalah penjelasan spesifik dari bunga lotus.
  • Daun lotus memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau yang menjulang ke atas. Sedangkan bunganya memiliki kelopak besar, berwarna putih atau merah muda, dan memiliki ujung kelopak melancip.
  • Akar dari tanaman ini tumbuh menjalar di dalam media tanam.
  • Media tanam yang baik adalah tanah berlumpur dengan air setinggi 10-20 cm di atas permukaan tanah.

Kegunaan Dalam Desain Taman
Kegunaan bunga lotus dalam desain taman adalah sebagai decorative water plant jika ditanam secara massal. Mungkin bagi sobat yang sangat menyukai tanaman jenis ini dan memiliki luas lahan yang besar, maka sobat bisa membuatkan kolam yang besar dan di isi dengan bunga ini. Tapi jangan kuatir dengan sobat yang memiliki keterbatasan lahan. Bunga ini masih bisa ditanam di dalam pot atau kolam kecil seperti yang telah saya jelaskan di spesifikasi di atas.

Sewaktu di Ubud dulu, sebuah kolam besar antara restoran yang bernama “The Pond” dan “Pundi-pundi” (maaf bukan promosi), memanfaatkan kolam tersebut dengan mengisi bunga lotus dengan jumlah banyak. Selain itu mereka juga meletakkan sebuah patung dengan air mancur di tengah kolamnya. Suasana nyaman dan romantis tercipta dengan adanya kolam tersebut.

Kegunaan lainnya

Tidak hanya sebagai pelengkap dari keindahan suatu kolam tanaman air, keseluruhan dari bunga lotus juga memiliki kegunaan lainnya. Menurut Paman Wiki, bagian tengah dari bunganya dapat dijadikan garnish (hiasan dari sebuah sajian makanan). Sedangkan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan.

Di Korea ada teh herbal yang bernama tisane. Teh ini terbuat dari bunga dan daun dari bunga lotus. Sebutan bunga ini di di beberapa negara sebagi berikut:
  • The rhizome di pinyin Chinese
  • Ngau di Cantonese
  • Bhe in India
  • Renkon di Jepang
  • Yeongeun di Korea.
Dari beberapa negara tersebut menggunakan tanaman ini sebagai sayur pada sup, deep-fried, stir-fried, dan braised dishes.
Wah, ternyata banyak sekali ya kegunaan dari bunga ini. Untuk itu kalau sobat punya komentar atau tambahan dari bunga lotus, Semoga bermanfaat.



Sumber :
http://www.prolanskap.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih di toko bunga & parcel online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar