Senin, 11 Oktober 2010

Arti dan Harapan Hiasan Natal


Tak akan lama lagi bulan Desember tiba. Bagi orang Kristiani, inilah saat berbenah hati, mempersiapkan diri menyambut Natal. Berbagai kegiatan yang menyangkut jasmani pun dipersiapkan, salah satunya, menyematkan berbagai hiasan Natal.

Hiasan-hiasan ini nyatanya tak menjadi sekedar penghias, tapi punya arti dan mengandung harapan yang menjiwai semangat Natal. Apa arti dan harapan yang ada pada setiap hiasan itu? Simak yang berikut ini :


BINTANG DAN TIGA RAJA : Lambang Ketaatan Dan Kerendahan Hati
Dikisahkan, berita kelahiran Yesus saat itu terdengar sampai ke telinga Tiga Raja dari Timur.

KRANS DEDAUNAN : Lambang Harapan, Suka Cita, Dan Kasih
Dedaunan yang dirangkai melingkar ini biasa disebut rangkain adven. Rangkain ini menggambarkan perjalanan umat Kristiani, khususnya Katholik, dalam masa penantian akan kedatangan Tuhan di hari Natal. Adven, berasal dari kata latin adventus yang artinya “kedatangan”, adalah masa atau periode sebelum Natal yang dimulai pada minggu ke-4 sebelum Natal dan berakhir pada malam Natal.

LONCENG : Lambang Kumandangkan Kemeriahan Natal
Kegembiraan dan kemeriahan Natal disimbolkan Lonceng, ketika lonceng-lonceng ini dibunyikan, maka kumandangnya menyemarakan seluruh bumi. Kegembiraan Natal pun menyelimuti umat-Nya.

CEMARA SI POHON NATAL
: Lambang Kesetiaan Iman
Kesemarakan Natal menjadi lebih meriah dengan hadirnya pohon ini, Jerman, adalah negara yang disebut-sebut pencipta tradisi ini. Adalah Santo Bonifasius penyebar agama Kristen di Jerman. Dia murka ketika di tengah lawatannya berjumpa dengan sekelompok orang yang sedang memuja pohon oak. Maka, pohon oak pun ditebangnya. Keajaiban terjadi, dari akar pohon yang telah tumbang itu tumbuh tunas cemara. Kejadian ini dipercaya sebagai tanda akan kesetiaan orang Kristiani akan imannya. Dan sejak kejadian itu, di abad ke-15 mulailah pohon cemara dipakai sebagai hiasan Natal di Jerman.

POINSETTA : Lambang Berseminya Iman dan Harapan Baru
Asal usul namanya poinsetta (Euphorbia pulcherrima) berasal dari nama Joel Roberst Pinsett, seorang duta besar pertama Amerika untuk Mexico. Kecintaannya terhadap ilmu botani membawanya menemukan semak berbunga merah yang tumbuh liar di pinggir jalan daeah Mexico Selatan pada tahun 1828, dan membawa tanaman ini ke greenhouse-nya di South Carolina.

MALAIKAT : Lambang Cinta, Kesucian, Dan Perdamaian
Karena kecintaannya kepada umatnya, kelahiran Yesus diberitakan ke seluruh dunia melalui kabar yang dibawa oleh malaikat utusan Allah. Kabar gembira ini mengandung makna damai bagi seluruh umat manusia dan kecintaan Tuhan yang rela hadir ke dunia dan menjelma menjadi manusia.

SANTA KLAUS DAN KAUS KAKI : Lambang Kebaikan Tuhan dan Rezeki
Santa Klaus mengisahkan seorang bernama Nicholaus yang begitu murah hati membantu orang lain. Apa yang dilakukan Nicholaus diterjemahkan dalam tradisi Natal yang dilakukan orang pada saat ini. Pada malam Natal, kaus kaki digantungkan di pohon terang atau di pintu-pintu. Keesokan harinya ketika Natal tiba, kaus-kaus sudah berisi hadiah yang dibawa oleh “Santa Klaus” yang diperuntukkan bagi anak-anak yang hidupnya baik dan taat pada Tuhan.
Hiasan ini menimbulkan semangat bagi seluruh umat agar memelihara kehidupan baik di dunia agar dapat ikut serta menikmati kegembiraan saat Natal tiba.


Sumber :
http://www.mypepito.info
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Natal Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar