Kamis, 30 September 2010

Kapan Perayaan Natal Sesesungguhnya ?

Menjelang perayaan Natal seluruh umat kristiani disibukkan dengan segala persiapannya, karna Natal identik dengan perayaan serta ajang berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Hari Raya umat Kristiani yaitu Hari Natal umumnya jatuh pada tanggal 25-26 Januari. Beberapa aliran denominasi menyebutkan tanggal 1 januari atau tanggal lainnya. Mungkin alasannya mengacu pada penyebutan Anno Domini (A.D atau Tarikh Masehi/Sesudah Kelahiran Almasih=Jesus Kristus) dalam sistem kalender yang berlaku sekarang (Julian/Julius Calendar). Umat Kristiani pada umumnya memundurkan 5 hari kebelakang sebagai toleransi kesalahan perhitungan hari. Dasar logika dari perhitungan diatas adalah penetapan tahun 0 Masehi sebagai tahun kelahiran Kristus. Fakta yang mengejutkan dari kontroversi ini adalah sebenarnya tidak ada tahun 0 Masehi! Sebelum tahun 1 AD atau 1 SM adalah tahun 1 BC (Before Christ)!

Umat Kristiani merayakan Natal pada tanggal 25 Desember. Namun tidak seorangpun yang dapat membuktikan Yesus Kristus lahir pada tanggal 25 Desember atau tanggal 1 Januari atau dibulan Juli. Tanggal 25 Desember telah menjadi hari Raya dimulai sejak pada jaman Keemasan Kekaisaran Romawi ketika dibawah kendali Kaisar Aurelius (thn 45 Seb.Masehi/B.C.), sebagai pagan penyembahan dewa matahari. Kebiasaan ini dilakukan masyarakat romawi turun temurun sebagai festival yang meriah. Ketika kerajaan Romawi menjadi Kristen , tradisi hari raya 25 Desember ditetapkan sebagai hari kelahiran Kristus sebagai usaha melestarikan tradisi festival matahari tadi. Karena dasarnya adalah sebuah festival (pesta) maka tak heran kalau tradisi kemewahan, serba baru, hadiah-hadiah dan pesta pora tetap mengikuti, menggantikan arti kelahiran Kristus yang sesungguhnya.

Sumber :
http://danielsiagian.multiply.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Natal Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar