Jumat, 24 September 2010

Beli Bunga Krisan Tuk Meriahkan Natal

Meriahkan suasana natal dengan beragam hiasan natal di rumah anda salah satunya adalah bunga. Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, tak hanya pohon Natal yang jadi buruan. Beli Bunga potong juga menjadi incaran, terutama bunga krisan. Tidak heran, omzet pedagang bunga menjelang Natal dan tahun baru ini bisa meningkat beberapa kali lipat.

Menjelang Natal dan pergantian tahun, permintaan bunga segar semakin meningkat. Wajar jika harga bermacam-macam jenis bunga mulai merangkak naik. Salah satu bunga rangkai yang banyak dicari adalah bunga krisan. Lantaran warnanya yang sangat beragam, bunga ini dipercaya bisa menambah semarak Natal.

Tak hanya pembeli perorangan yang memburu bunga krisan. Para dekorator dari hotel maupun gereja-gereja yang akan menyambut kedatangan Natal juga banyak mencari bunga yang tersedia dalam beberapa warna ini.

Andri Waluyo, salah seorang penjual bunga di pasar bunga Rawabelong bertutur, pada hari biasa pembeli bunga krisan hanya sekitar sepuluh hingga belasan orang. Namun, menjelang momentum Natal seperti sekarang, “Jumlahnya naik hingga 50 orang, kebanyakan, sih, untuk memenuhi kebutuhan buat Natal,” tutur dia.

Karena banyak diburu, hukum ekonomi pun berlaku. Harga bunga krisan ikut terkerek naik. Satu ikat krisan yang biasanya dihargai sekitar Rp 7.000 sampai Rp 10.000, kini naik sekitar 10%. Alhasil, omzet yang dikantongi pedagang pun semakin besar. “Kurang lebih naik hingga 20% ketimbang hari biasa,” kata Andri sumringah.

Anastasia Widiyawati, salah seorang pembeli yang sedang berbelanja di Pasar Bunga Rawabelong, mengaku sudah menghabiskan dana sekitar Rp 1 juta khusus untuk membeli rangkaian krisan. “Nih, saya baru pesan, diambilnya beberapa hari sebelum Natal. Bunga-bunga ini mau digunakan sebagai rangkaian bunga di gereja,” kata dia, ceria.

Menurut Anastasia, sebenarnya tak hanya bunga krisan yang ia beli untuk dijadikan dekorasi Natal. Ada juga bunga lain, seperti bunga lili putih. “Tapi memang kebutuhannya tak sebanyak bunga krisan,” lanjut dia.

Seorang distributor krisan di Bogor, Sutrisno, juga mengaku kebanjiran pesanan krisan dari berbagai wilayah. “Bulan ini saja, order yang masuk sudah sekitar Rp 25 juta, untuk pengiriman ke Bandung dan Jakarta,” ujarnya.

Sutrisno menuturkan, jika tidak ada perayaan hari besar, pesanan bunga krisan yang ia terima hanya berkisar Rp 5 juta. Lonjakan pesanan bunga krisan potong di tempatnya berasal dari kalangan gereja. Dia yakin, semakin mendekati perayaan Natal, pesanan yang mengalir bakal semakin banyak. “Mungkin banyak yang memesan untuk persiapan hiasan natal dan tahun baru. Jadi, kita memang menyiapkan stok seandainya ada kebutuhan mendadak dan besar,” kata Sutrisno.



Sumber : kontan.co.id
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Natal Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar